orang yang ingin sukses

GUDANG KORD

fidel castro. Diberdayakan oleh Blogger.

JUMLAH PENGUNJUNG

RSS

voniken daire

Belajar AutoCAD : Pengenalan Tool

Banyak orang yang mau belajar autocad sendiri (tanpa kursus) bingung mendapatkan materi-materi yang akan dipelajarinya, termasuk saya. Namun hal tersebut membuat saya ingin membagi pengalaman yang saya dapat mengenai AutoCAD. Saya tidak akan membahas secara detail untuk setiap fitur dan tool yang ada di AutoCAD, sehingga anda dapat mencoba sendiri menggunakan tool yang ada. Dalam artikel ini saya menggunakan AutoCAD 2008 (karena itu yang saya gunakan saat ini).
Bukalah AutoCAD 2008 anda.

Secara default disebelah kiri atas terdapat toolbar workspace, pastikan anda memilih ‘2D Drafting & Annotation’ agar kita semua melihat interface yang sama.

Disebelah kanan lembar kerja terdapat dashboard untuk mengakses tool AutoCAD yang dapat anda gunakan. Tool-tool tersebut sudah dikelompokkan menjadi beberapa panel, urutan panel tool tersebut yaitu layer, 2D Draw, Annotation Scaling, Dimension, Text, MultiLeaders, Tables, 2D Navigate. Untuk saat ini kita fokuskan dulu pada 2D Draw.
Pada panel 2D Draw klik Line, Line merupakan tool yang paling dasar, kita akan mencoba mulai dari tool ini terlebih dahulu.

Setelah anda mengklik, disebelah kanan pointer muncul tulisan ‘Specify first point’ dan koordinatnya. Definisikan titik pertama yang akan anda buat, bentuk ini disebut dengan dynamic input. AutoCAD secara automatis akan membimbing anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda.
Klik di area yang kosong.
Setelah anda mengklik, terdapat garis dari titik yang anda klik ke pointer anda. Tulisan di sebelah kanan pointer pun berubah menjadi ‘Specify next point’, selain itu disekitarnya terdapat panjang garis dan sudut yang dibentuk oleh garis tersebut.

Saat ini kita abaikan dulu panjang serta sudut garis, klik saja titik untuk mendefinisikan titik selanjutnya. Kali ini lihat juga di area command line (dibagian bawah) terdapat tulisan yang persis sama dengan tulisan yang ada disebelah pointer anda. Tekan [enter] untuk mengakhiri tool ini.
LATIHAN :
Setelah anda mencoba dengan tool line, coba juga tool lainnya seperti rectangle dan circle.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar